Thursday, 23 November 2017

Startup #1



Assalamualaikum. Halo Semua...Nah, kali ini saya akan nge-share tentang Startup. Apa itu startup? silahkan baca lanjutannya...hehe. OK langsung saja kita masuk di pengertian. Santai saja yah, rileks bacanya...nggak usah kayak di kelas yang harus serius banget. 

Kata startup sendiri berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Startup adalah sebuah perusahaan yang baru saja dibangun atau dalam masa rintisan, namun tidak berlaku untuk semua bidang usaha, istilah startup ini lebih dikategorikan untuk perusahaan bidang teknologi dan informasi yang berkembang di dunia internet.

Sejarah perkembangan startup dimulai dari popular nya istilah startup secara internasional pada masa buble dot-com, lalu apa lagi buble dot-com  itu? fenomena buble dot-com adalah ketika pada periode tersebut (1998-2000) banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan. Pada masa itu sedang gencar-gencarnya perusahaan membuka website pribadinya. Makin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Dan waktu itu pula lah, Startup lahir dan berkembang. Namun menurut Ronald Widha dari TemanMacet.com, Startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk tetapi bisa juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat akar rumput yang bisa mandiri tanpa bantuan korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.

Setelah berputar-putar mencari informasi tentang Startup lewat bantuan mbah Google, ada informasi mengenai karakteristik dari sebuah perusahaan yang dapat di golongkan sebuah stratup. Beberapa karakteristik perusahaan Startup tersebut diantaranya:

  1. Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  2. Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  3. Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  4. Masih dalam tahap berkembang
  5. Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  6. Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
  7. Biasanya beroperasi melalui website

Dari karakteristik tersebut mungkin nampak bahwa stratup lebih condong ke perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan web. Namun faktanya memang seperti itu, kini perkembangan perusahaan yang lazim dilabeli nama Stratup adalah perusahaan yang berkenaan dengan dunia tekno dan online.

Nah, lalu bagaimana dengan perkembangan startup di Indonesia?

Perkembangan Startup di Indonesia bisa dikatakan cukup pesat menggembirakan. Setiap tahun bahkan setiap bulan banyak founder-founder (pemilik) Startup baru bermunculan. Menurut dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.

Berikut contoh startup-startup lokal yang kini populer.

1. Go-Jek
2. BukaLapak.com
3. Tiket.com
4. eFishery
5. Kudo
6. HiJup

Adapun formula dasar startup yakni Hustler, Hipster dan Hacker. Apa-apa saja itu? mari kita ulas satu persatu.

Hacker ya, obviously adalah developer, yang punya skill mendasar yang dibutuhkan untuk bikin
startup digital, yaitu ngoding. Tapi, mau bisa bikin web atau aplikasi secanggih apa juga, kalau gak ada hipster dan hustler yang ngebantuin, startup-nya gak akan bisa sebagus atau tumbuh lebih cepat dibanding startup yang punya formasi lengkap ini.

Hipster apa? Hipster ini sama dengan anak-anak gaul yang kita sebut hipster di luar sana, yang Instagram feed-nya hits, dan sangat ngerti dan mementingkan estetika. Biasanya, hipster di dunia startup ini adalah desainer, yang bisa menyulap tampilan web dan aplikasi jadi hits, dan juga bisa bikin user interface dan user experience yang bagus.



Terakhir, Hustler ini orang-orang yang gak take no for an answer. Mereka punya passion dalam menjual dan memperkenalkan produk startup-nya. Biasanya orang-orang yang suka ngomong, demen networking, dan stress kalau target penjualan (atau target akuisisi pengguna) gak tercapai. Kalau hacker orangnya (biasanya) introvert, dan hipster idealis banget, hustler yang biasanya bener-bener peduli sama apa yang sebenarnya konsumen atau user butuhkan.


Itulah sedikit ulasan tentang startup. Semoga bermanfaat. Nanti di bagian kedua, saya akan ngulik dan nge-bahas tentang salah satu ide startup saya.  

Note : Untuk teman-teman yang mau belajar lebih dalam tentang startup, berikut link cara pertama dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam membangun startup.

https://dailysocial.id/post/tujuh-cara-membangun-bisnis-untuk-startup-tahap-awal

https://coachmargetty.com/2015/04/16/the-value-proposition-canvas/

https://studentpreneur.co/blog/bmc-101-cara-mengisi-dan-contoh-business-model-canvas-yang-benar/

http://thenextdev.id/new/update/index.php/2016/03/26/mengenal-lean-canvas-model-bisnis-untuk-startup/

http://indigo.id/blog/detail/lean-canvas-model-bisnis-untuk-pedoman-bikin-startup.html

https://id.techinasia.com/panduan-riset-pasar-untuk-startup

thanks to : 

https://infopeluangusaha.org/pengertian-startup-dan-contoh-bisnisnya-di-indonesia/

https://www.ziliun.com/formula-dasar-startup-hacker-hipster-dan-hustler/

https://www.maxmanroe.com/apa-itu-startup.html






4 comments:

How To Motivate Yourself For Success In Life

Motivasi  adalah proses yang menjelaskan  intensitas ,  arah , dan  ketekunan  seorang  individu  untuk mencapai tujuannya. Singkatnya...